Rabu, 14
Januari 2015
PUBLIC
RELATION DAN MEDIA AUDIO VISUAL
Sebagaimana umumnya kita mengenal Public
Relations pada dasarnya adalah suatu seni untuk menciptakan saling
pengertian antara kedua belah pihak yang lebih baik sehingga memperbesar
kepercayaan terhadap sesuatu organisasi, public relations adalah suatu kegiatan timbal balik antara
lembaga dan publiknya, baik intern maupun ekstern. Public Relations merupakan fungsi manajemen yang bertujuan
untuk membangun image, dan
membina saling pengertian diantara kedua pihak.
Media audio
visual jika dipandang dari kacamata PR adalah sebagai wadah dalam
berkomunikasi, menyampaikan pesan berupa suara dan gambar yang dapat memberi
fungsi informasi, edukasi dan hiburan sekaligus sebagai sarana menjangkau
publik.Dalam menyampaikan pesan atau informasi, seorang PR
memerlukan media sebagai sarana penunjang dalam penyampaiannya itu. Media
tersebut dapat berupa audio, visual maupun lewat Media Audio Visual seperti yang
saya pelajari di semester V ini. Selama
proses belajar mengajar berlangsung, banyak hal yang saya dapatkan antara lain
adalah seorang PR tidak dituntut mahir dalam pengambilan gambar, teknik
memainkan kamera hingga proses edit video namun lebih menitik beratkan pada
konsep pesan yang dibuat semenarik mungkin, dapat diterima oleh
publik, dan berisi pesan yang luar biasa. Penugasan dosen
pertama kali adalah pembuatan video campaign, kami sekelompok tidak
dituntut untuk mengambil gambar dengan sempurna akan tetapi pesan dari video
campaign harus dapat memberi dampak bagi publik, mempersuasi, mengajak bahkan
menyadarkan publik akan pentingnya info yang disampaikan dalam sebuah video,
yang pastinya berdasarkan dari data yang akurat, jelas dan sesuai fakta. Penugasan
terakhir dan sekaligus menantang adalah seputar Citizen Journalism, ini
merupakan tantangan baru bagi saya, sebab saya harus meliput sebuah berita
secara spontan berdasar gejala atau fenomena yang terjadi di sekitar kita.
Dengan berbekal kamera HP atau peralatan non profesional saya harus meliput
berita yang dianggap penting, trending topic dan layak diangkat
sebagai sebuah kesenjangan dan menjadi konsumsi publik misalnya kasus yang saya angakat adalah
Pencemaran Sampah Di sungai. dalam hal ini seorang PR harus berani menemukan titik penyelesaian dalam menangani ketledoran
masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan sekitar dengan membuang sampah
pada tempatnya dan bukan membuangnya di sungai yang akan berakibat buruk bagi
lingkungan.Penanganan sampah dengan konsep yang jelas,
dapat mempengaruhi aspek kehidupan lainya. Persoalan sampah tidak akan berimbas
kemana-mana. Salah satu contoh, pada sungai. Bila sampah pada lingkungan dapat
teratasi dengan baik, masyarakat tidak akan lagi membuang sampah di sungai.
Dengan demikian, sungai akan menjadi bersih, tanpa sampah dan dapat mengalir
dengan baik. Namun sebaliknya, bila tidak ada penanganan sampah yang baik,
masyarakat akan kembali melakukan kebiasaan buruk untuk membuang sampahnya.
Yang sering terjadi, sungai menjadi sasaran pembuangan sampah paling mudah.
Banyak sekali kerugian
yang ditimbulkan akibat membuang sampah di sungai, akibatnya tidak hanya
dirasakan oleh orang yang membuangnya saja namun harus ditanggung masyarakat
umum, hewan-hewan, ikan, pepohonan dan keseimbangan alam menjadi terganggu
sehingga planet bumi menjadi tidak layak untuk dihuni. jadi mari mulai dari
diri sendiri untuk membudayakan membuang sampah pada tempatnya, semoga dapat
kita jaga lingkungan sekitar dan dapat kita saksikan kembali birunya air sungai
di kota besar seperti jakarta, semarang, surabaya, aceh, papua dan kota-kota
lainya di indonesia dari sabang sampai merauke.
Joeana Agustin/12330071
1xbet korean - legalbet.co.kr
BalasHapus1xbet korean 1xbet - legalbet.co.kr. Licensed in the 더킹카지노 state of South Korea, this is an online sportsbook with betting 우리카지노 쿠폰 odds for a wide range of games.